fbpx

Artikel JMG

This is a single blog caption
3 Feb

Tempat wisata daerah salatiga semarang

Walau bukan digadang-gadang sebagai kota destinasi wisata, tapi Salatiga bisa menjadi salah satu pilihan tempat untuk menghabiskan waktu liburan lho. Mencapai kota sejuk yang terletak di kaki gunung Merbabu & Telomoyo ini perlu waktu sekitar 45 menit perjalanan darat dari kota Semarang atau 1 jam dari kota Solo.

Apalagi sekarang sudah dibangun jalan tol baru yang menghubungkan Semarang dan Salatiga sehingga aksesnya menjadi semakin mudah. Berikut alternatif wisata dan kuliner yang bisa dikunjungi di Salatiga dan sekitarnya. Nah, bisa ke mana saja saat di Salatiga?

Baca juga : Penginapan Ambarawa

Rawa Pening

Bila berkendara dari arah Semarang ke Salatiga, Anda akan melihat panorama gunung, sawah dan rawa di kanan jalan, sebelum perbatasan masuk kota Salatiga. Nah, itu lah Rawa Pening, yang sarat cerita rakyat.

Bagi masyarakat setempat, Rawa Pening berfungsi sebagai sumber irigasi sawah, pembangkit listrik, serta lahan bagi petani enceng gondok. Selain itu, rawa ini juga memiliki daya tarik wisata khususnya bagi penyuka wisata memancing, berperahu serta pecinta fotografi.

Museum Kereta Api Ambarawa

Dulunya tempat ini merupakan stasiun kereta api komersial. Tapi sekarang hanya difungsikan sebagai stasiun kereta api wisata dan museum. Di sini kita bisa naik kereta wisata yang mesinnya dijalankan dengan tenaga uap. Tapi, harus sewa sekalian satu gerbong.

Selain itu dalam stasiun ini terdapat lokomotif uap jaman Belanda yang diparkir. Bangunan museum disini merupakan peninggalan kolonial Belanda sehingga cocok bagi Anda yang suka dengan wisata sejarah. Kalau sedang beruntung kita juga bisa menyaksikan suguhan tarian tradisional yang dipentaskan oleh seniman sekitar.

Kopeng

Sebetulnya Kopeng tidak masuk dalam wilayah administratif kota Salatiga. Tapi kalau sudah sampai Salatiga dan enggak mampir Kopeng, rasanya ya kurang lengkap aja. Seperti layaknya ke Malang, lebih komplit kalau singgah juga ke Batu. Berjarak sekitar 12 km dari kota Salatiga, Kopeng menawarkan wisata alam seperti air mancur, panorama pegunungan, berkuda, serta kegiatan outbound.

Muncul

Kolam renang di Muncul ini menjadi istimewa karena berasal dari mata air pegunungan. Biasanya tempat ini ramai pada hari libur. Setelah puas berenang, silahkan mampir di warung pecel keong atau pemancingan ikan air tawar untuk makan siang disana.

Tlogo Plantation

Terletak di antara Tuntang – Beringin, km 2 Salatiga, tempat wisata ini menawarkan wisata alami. Misalnya, tur ke perkebunan kopi ataupun aktivitas di perkebunan untuk anak-anak. Di sini juga terdapat resort dengan suasana asri dan cocok bagi yang ingin dekat dengan alam. Informasi lengkap bisa didapatkan di website Tlogo Plantation Resort.

Selasar Kartini

Ruang hijau terbuka di sepanjang jalan Kartini Salatiga ini umurnya belum terlalu lama. Meski begitu, tempat ini sudah menjadi tempat favorit baru bagi warga Salatiga untuk menghabiskan waktu bersama dengan teman dan keluarga. Dulunya tempat ini merupakan trotoar dan kali kecil yang kemudian dirombak menjadi areal terbuka hijau dan taman. Banyak aktivitas yang dilakukan di sini. Antara lain berkumpul dengan komunitas hobi tertentu, bersepeda, skate board, roller blade, senam aerobik, ataupun mendampingi anak-anak untuk bermain mobil-mobilan yang digerakkan dengan accu. Bila tidak punya sendiri, bisa menyewa dengan hitungan sewa per jam.

Aneka Spa

Banyak pilihan memanjakan diri di sejumlah tempat spa di Salatiga. Saya merekomendasikan Kayu Arum Spa, Laras Asri Spa, dan Anggun Spa. Pasti rileks!

Tuh, kan. Meski kotanya mungil, Salatiga punya banyak tempat untuk menikmati hari libur. Hayuk, ke Salatiga!

Leave a Reply

Open chat
Anda bisa langsung chat WA Disini silahkan klik
Powered by